Nilai Rata-rata (NRR) dan Survei Kepuasaan Masyarakat

(SKM) 9 Ruang Lingkup Pelayanan

No.

Ruang Lingkup  Pelayanan

NRR

1.

Persyaratan

3.700

2.

Prosedur

3.660

3.

Waktu Pelayanan

3.580

4.

Biaya/Tarif

4.000

5.

Produk Spesifik Jenis Layanan

3.980

6.

Kompetensi Pelaksana

3.600

7.

Perilaku Pelaksana

3.620

8.

Sarana dan Prasarana

3.660

9.

Penanganan Pengaduan

3.680

NRR 9 Ruang Lingkup  Pelayanan

3.717

Dari tabel di atas dapat dilihat bahwa ruang lingkup  yang memiliki Nilai Rata-Rata (NRR) tertinggi adalah ruang lingkup  kompetensi Biaya/Tarif (rata-rata 4,000). Angka ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pelayanan paling tinggi diperoleh dari kompetensi biaya/tarif, sedangkan pada unsur waktu pelayanan paling rendah.

Rekomendasi

Perlu ditingkatkan waktu/kecepatan dalam hal pelaksanaan pelayanan untuk membahagiakan masyarakat seperti dengan cara penambahan jumlah loket layanan jika animo masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan sedang tinggi-tingginya atau bisa juga dengan cara modifikasi system layanan harian seperti pemberlakuan kuota layanan penerbitan dokumen kependudukan sesuai dengan penghitungan kesanggupan layanan.

Penyebab hasil SKM Semester 1 Tahun 2020 pada ruang lingkup waktu pelayanan dengan nilai rata-rata 3,580 (sangat baik) menempati posisi terbawah dalam 9 ruang lingkup :

  • Kami melaksanakan layanan sesuai SOP. Apabila terdapat penerbitan dokumen kependudukan yang tidak sesuai SOP (waktu) disebabkan oleh : Berkas permohonan belum lengkap serta Data belum/tidak valid.
  • Disamping itu, masyarakat yang datang ke kantor Disdukcapil Kota Payakumbuh untuk pengambilan dokumen juga tidak sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan sehingga menyebabkan terjadinya kerumunan.