Nilai Rata-rata (NRR) dan Survei Kepuasaan Masyarakat
(SKM) 9 Ruang Lingkup Pelayanan
No. |
Ruang Lingkup Pelayanan |
NRR |
1. |
Persyaratan |
3.700 |
2. |
Prosedur |
3.660 |
3. |
Waktu Pelayanan |
3.580 |
4. |
Biaya/Tarif |
4.000 |
5. |
Produk Spesifik Jenis Layanan |
3.980 |
6. |
Kompetensi Pelaksana |
3.600 |
7. |
Perilaku Pelaksana |
3.620 |
8. |
Sarana dan Prasarana |
3.660 |
9. |
Penanganan Pengaduan |
3.680 |
NRR 9 Ruang Lingkup Pelayanan |
3.717 |
Dari tabel di atas dapat dilihat bahwa ruang lingkup yang memiliki Nilai Rata-Rata (NRR) tertinggi adalah ruang lingkup kompetensi Biaya/Tarif (rata-rata 4,000). Angka ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pelayanan paling tinggi diperoleh dari kompetensi biaya/tarif, sedangkan pada unsur waktu pelayanan paling rendah.
Rekomendasi
Perlu ditingkatkan waktu/kecepatan dalam hal pelaksanaan pelayanan untuk membahagiakan masyarakat seperti dengan cara penambahan jumlah loket layanan jika animo masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan sedang tinggi-tingginya atau bisa juga dengan cara modifikasi system layanan harian seperti pemberlakuan kuota layanan penerbitan dokumen kependudukan sesuai dengan penghitungan kesanggupan layanan.
Penyebab hasil SKM Semester 1 Tahun 2020 pada ruang lingkup waktu pelayanan dengan nilai rata-rata 3,580 (sangat baik) menempati posisi terbawah dalam 9 ruang lingkup :
- Kami melaksanakan layanan sesuai SOP. Apabila terdapat penerbitan dokumen kependudukan yang tidak sesuai SOP (waktu) disebabkan oleh : Berkas permohonan belum lengkap serta Data belum/tidak valid.
- Disamping itu, masyarakat yang datang ke kantor Disdukcapil Kota Payakumbuh untuk pengambilan dokumen juga tidak sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan sehingga menyebabkan terjadinya kerumunan.