Nilai Rata-rata (NRR) dan Survei Kepuasaan Masyarakat

(SKM) 9 Ruang Lingkup Pelayanan

No.Ruang Lingkup  PelayananNRR
1.Persyaratan3.680
2.Prosedur3.380
3.Waktu Pelayanan3.480
4.Biaya/Tarif4.000
5.Produk Spesifik Jenis Layanan3.360
6.Kompetensi Pelaksana3.580
7.Perilaku Pelaksana3.500
8.Sarana dan Prasarana3.560
9.Penanganan Pengaduan3.300
 NRR 9 Ruang Lingkup  Pelayanan3.535

Dari tabel di atas, dapat dilihat bahwa ruang lingkup  yang memiliki Nilai
(NRR) tertinggi adalah ruang lingkup  kompetensi Biaya/Tarif (rata-rata 4,000). Angka ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pelayanan paling tinggi diperoleh dari kompetensi biaya/tarif, sedangkan pada unsur penanganan pengaduan paling rendah.

Rekomendasi

Perlu peningkatan dalam pengelolaan pengaduan, penunjukan satu petugas khusus untuk menjalankan pengelolaan pengaduan dan konsultasi melalui sarana yang telah disediakan. Dalam menampung pengaduan masyarakat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil telah memberikan nomor telepon, media sosial dinas (facebook dan instagram), melalui email dan kotak saran yang ditempatkan pada ruang pelayanan serta pelayanan pengaduan melalui aplikasi SP4N LAPOR.