Nilai Rata-rata (NRR) dan Survei Kepuasaan Masyarakat

(SKM) 9 Ruang Lingkup Pelayanan

No.Ruang Lingkup  PelayananNRR
1.Persyaratan3.720
2.Prosedur3.690
3.Waktu Pelayanan3.590
4.Biaya/Tarif4.000
5.Produk Spesifik Jenis Layanan3.700
6.Kompetensi Pelaksana3.630
7.Perilaku Pelaksana3.740
8.Sarana dan Prasarana3.500
9.Penanganan Pengaduan3.920
 NRR 9 Ruang Lingkup  Pelayanan3.535

Dari tabel di atas, dapat dilihat bahwa ruang lingkup  yang memiliki Nilai
(NRR) tertinggi adalah ruang lingkup  kompetensi Biaya/Tarif (rata-rata 4,000). Angka ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pelayanan paling tinggi diperoleh dari kompetensi biaya/tarif, sedangkan pada unsur kualitas sarana dan prasarana paling rendah.

Rekomendasi

a.  Perlu upaya untuk mempertahankan kualitas pelayanan yang sudah ada, dengan melakukan upaya-upaya peningkatan kualitas pelayanan secara konsisten terutama mempertahankan kejelasan dan kepastian petugas pelayanan serta kenyamanan lingkungan.

b.   Meningkatkan kedisiplinan dan rasa tanggung jawab petugas melalui pemberian pelatihan untuk meningkatkan keterampilan dan etos kerja atau motivasi petugas dan menetapkan standardisasi internal mengenai sikap layanan serta disiplin kerja.

c.   Diperlukan upaya untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap petugas dalam memberikan pelayanan. Hal-hal yang dapat dilakukan adalah dengan cara memberikan pelatihan untuk meningkatkan kompetensi petugas dan memberikan informasi secara komunikatif kepada pelanggan.

d.   Perlu pemberian penghargaan terhadap pegawai yang berprestasi dan terus memotivasi untuk mendapatkan prestasi di masa yang akan datang serta mempertimbangkan kesejahteraan petugas pelayanan.

e.   Kegiatan penyusunan SKM dapat terus dilaksanakan sebagai salah satu cara untuk mempertahankan kualitas pelayanan publik dengan membandingkan SKM terdahulu secara berkala, jika mungkin Indeks dilakukan secara periodik (3 sampai dengan 6 bulan sekali atau sekurang-kurangnya 1 tahun sekali) secara berkelanjutan, sehingga dapat dilakukan perubahan tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik.

f.    Perlu ditingkatkan waktu/kecepatan dalam hal pelaksanaan pelayanan untuk membahagiakan masyarakat seperti dengan cara penambahan jumlah loket layanan jika animo masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan sedang tinggi-tingginya atau bisa juga dengan cara modifikasi system layanan harian.

g.   Peningkatan sarana dan prasarana  menjadi prioritas demi kenyamanan pengguna layanan atau masyarakat yang berurusan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Payakumbuh termasuk peningkatan kualitas loket pelayanan demi kenyamanan masyarakat saat berada di ruang pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Payakumbuh.