Payakumbuh (ANTARA) – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, mencatat sampai akhir Desember 2019, sebanyak 44.356 dari 46.928 jiwa anak usia dibawah 18 tahun di daerah tersebut telah memiliki akta kelahiran.

“Anak usia 0 sampai 18 tahun merupakan target nasional untuk kepemilikan akta. Saat ini sudah ada 94,52 persen anak kita di kategori tersebut yang memiliki akta,” kata Kepala Disdukcapil Kota Payakumbuh Yunida Fatwa di Payakumbuh, Rabu.

Capaian tersebut, katanya telah melebihi target nasional di tahun 2019 yang berada di angka 91 persen.

Capaian itu, tidak terlepas dari peran tim inovasi “Gesit Kejar Daku Bang” yang langsung turun ke lapangan untuk mencari, mengumpulkan, mengantarkan dan membuatkan akta kelahiran anak.

Setelah itu, Disdukcapil Payakumbuh juga bekerja sama dengan rumah sakit puskesmas, bidan swasta untuk percepatan penerbitan akta kelahiran.

“Jadi selesai bersalin mereka sudah bisa membawa akta kelahiran, kartu identitas anak dan kartu keluarga yang sudah dimasukkan nama anaknya,” sebutnya.

Karena itu, di tahun 2020 ini Disdukcapil Payakumbuh akan mengejar penerbitan akta kelahiran bagi 2.572 jiwa yang belum memiliki akta tersebut.

“Di Payakumbuh tidak ada pungutan biaya dalam pengurusan dokumen kependudukan. Masyarakat hanya perlu melengkapi syarat,” ujarnya.

Tidak adanya pemungutan biaya tersebut, katanya, telah diatur dalam Perda Kota Payakumbuh Nomor 7 Tahun 2018 tentang penyelenggaraan administrasi kependudukan.

“Dalam aturan undang-undang ada sanksi apabila tidak melapor dalam 60 setelah kelahiran. Tapi sanksi tersebut diatur dalam Perda, sebelum tahun 2018 memang ada sanksi namun pada tahun tersebut dilahirkan Perda baru yang mengatur hal tersebut,” katanya.

Untuk itu, ia mengimbau agar seluruh masyarakat yang belum memiliki akta kelahiran dan dokumen kependudukan lainnya untuk dapat mengurus ke kantor Dukcapil atau ke Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Payakumbuh. (*)

Categories: Kehumasan

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *