Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Payakumbuh disambangi Tim penilai Disdukcapil kabupaten/kota terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Dalam sambutannya Wali Kota Payakumbuh yang diwakili Asisten I Setdako Payakumbuh Yufnani Away menyampaikan kepada tim penilai bahwa Disdukcapil Kota Payakumbuh baru saja menerima penghargaan sangat baik kategori pelayanan publik untuk tahun 2021 dari Kemenpan RB.

“Sebelumnya kita ucapkan selamat datang kepada tim penilai di Kota Payakumbuh, mudah-mudahan dengan semua inovasi dan penghargaan yang telah diterima oleh Disdukcapil Kota Payakumbuh akan memperoleh nilai sempurna dari tim penilai,” kata Asisten I Yufnani Away saat memberikan sambutan di ruang pertemuan Disdukcapil Kota Payakumbuh, Jumat (09/04).

Tim penilai yang diketuai oleh Syamsurizaldi dari akademisi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Andalas didampingi Reza Kurniawan dari Ombudsman RI dan Dari Dinas Pengendalian Penduduk, KB, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumbar Indasari dan Tahira Kemala Dewi mengatakan Payakumbuh merupakan daerah pertama yang dinilai dari 19 Kab/Kota se-Sumbar.

“Ada 13 variabel yang akan dinilai untuk penyelenggaraan administrasi kependudukan di setiap dinas, kalau semuanya terpenuhi tentu nilainya akan memperoleh nilai sempurna,” ucap ketua tim penilai Syamsurizaldi.

Sementara itu Kepala Disdukcapil Kota Payakumbuh Yunida Fatwa menyebut bahwa Disdukcapil Kota Payakumbuh telah melahirkan lebih dari 20 inovasi untuk kenyamanan dan kemudahan masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan.

“Akhir tahun lalu saat ulang tahun Kota Payakumbuh kita telah melauncing aplikasi SiFadwa Rancak dan dengan aplikasi tersebut akan jauh lebih memudahkan masyarakat dalam pengurusan administrasi kependudukan,” kata Kadisdukcapil Yunida Fatwa.

“Dan selama pandemi ini agar semua urusan masyarakat tetap terlayani dengan maksimal kita menghadirkan WA dukcapil dimana masyarakat bisa mengurus dokumennya melalui WA tersebut dan setelah selesai baru datang ke Capil mengambil dokumen aslinya dengan membawa semua kelengkapan berkasnya,” tukuknya.

Dengan beragam inovasi dan vasilitas yang diberikan oleh Disdukcapil untuk kenyamanan dan kemudahan masyarakat dalam pengurusan Yunida berharapa akan memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat.

“Harapan kita dengan penilaian ini akan memberikan motivasi dan tambahan energi positif bagi kami (Disdukcapil-red) agar terus lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ucapnya.

“Yang terpenting itu bagaiman pelayanan yang telah kita berikan kepada masyarakat mendapat tempat dihati masyarakat sehingga bisa memuaskan dan memberi kebahagian bagi masyarakat kita,” pungkasnya. (Bsk) basangek.com

Categories: Kehumasan

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *